Daftar Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Alvindwiputra.id – Sebetulnya, ibu hamil tidak membutuhkan menu-menu makanan khusus untuk dikonsumsi sehari-hari. Pasalnya, yang membutuhkan makanan sehat secara khusus adalah ibu hamil yang mempunyai penyakit tertentu.

Agar kebutuhan nutrisi ibu hamil dan bayinya tetap seimbang, kuncinya hanya terdapat pada perhatian akan makanan serta minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Adapun beberapa daftar makanan sehat untuk ibu hamil akan dibahas dalam ulasan artikel ini.

Advertising

Daftar Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Semua orang tentu sudah mengetahui, bahwa ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Namun, diantara banyaknya sayur dan buah-buahan yang ada, manakah sayur dan buah-buahan yang direkomendasi untuk dikonsumsi ibu hamil? Mengenai itu dan mengenai beberapa makanan sehat lainnya, maka dapat dilihat dari informasi di bawah ini :

Jenis Sayur dan Buah-buahan

Ada jenis-jenis sayur dan buah yang direkomendasikan oleh ibu hamil, yaitu :

Brokoli, kandungan di dalam per 100 gram brokoli terdapat kandungan nutrisi berupa kalsium dan asam folat. Kedua kandungan nutrisi tersebut mempunyai kemampuan untuk membantu proses perkembangan dan pertumbuhan tulang.

Kacang Merah, jenis kacang-kacangan yang satu ini memiliki kandungan protein, zat besi dan antioksidan tinggi yang berfungsi untuk mengembangkan kemampuan kognitif pada bayi.

Kacang Edamame, dalam setiap 2 ½ sdm kacang edamame terdapat kandungan nutrisi berupa vitamin A, vitamin B, kalsium, protein, zat besi dan asam folat.

Wortel, juga termasuk sayuran yang diharuskan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, karena dalam 2 wortel terdapat kandungan sumber vitamin A yang berguna untuk menajamkan penglihatan mata janin dan ibu hamil.

Alpukat, buah berklorofil tinggi ini di dalamnya terdapat kandungan asam lemak jenuh tunggal, vitamin B6, vitamin C, potassium dan serat. Semua kandungan tersebut berperan untuk membantu dalam proses pembentukan otak dan sel syaraf bayi.

Apel, di dalam satu buah apel terdapat kandungan vitamin C dan serat yang mempunyai kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol berlebih dan berguna pula untuk mencegah sembelit.

Pisang, adalah buah yang kaya akan kandungan potassium dan vitamin B6. Dimana keduanya dibutuhkan untuk membantu proses kelancaran sistem metabolisme di dalam tubuh.

Sumber Protein Hewani

Sumber protein tak hanya bisa didapatkan dari sayuran saja, tetapi juga bisa didapatkan dari hewan. Ada beberapa sumber protein hewani yang juga disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, yaitu daging ayam potong tanpa kulit yang berguna untuk membentuk otot janin, daging sapi yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat mencegah bayi lahir prematur, satu butir telur yang berguna untuk mengembangkan sel otak bayi, ikan tuna, serta ikan salmon yang juga berfungsi untuk membantu proses perkembangan otak janin.

Sumber Karbohidrat

Daftar makanan sehat untuk ibu hamil dalam urusan sumber karbohidrat tinggi tak hanya berasal dari nasi saja, ada sumber karbohidrat jenis lainnya yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Beberapa seperti kentang, oatmeal, sereal, roti, jagung, beras merah dan biji-bijian utuh lainnya.

Jenis sumber karbohidrat tersebut dapat dipilih untuk dikonsumsi bagi ibu hamil yang bosan mengkonsumsi nasi.

Susu dan Olahannya

Susu dijadikan sebagai pelengkap untuk memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Namun, jika ibu hamil mempunyai riwayat alergi terhadap susu bisa diganti dengan mengkonsumsi susu kedelai, jus jeruk dan aneka produk olahan susu, seperti keju, yogurt serta lain sebagainya.

Seusai mengetahui informasi tentang daftar makanan sehat untuk hamil, ibu hamil juga harus memperhatikan camilan yang biasa dikonsumsi. Saat ingin memakan camilan, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan gula dan garam.

Kesimpulan

Jangan terlalu banyak mengkonsumsi camilan dalam kemasan dan jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan instan. Jika ingin ngemil, sebaiknya buatlah salad buah, salad sayur atau bisa juga dengan mengkonsumsi roti gandum, pisang rebus, kacang mete, jagung rebus dan lain sebagainya.

Namun, bagaimana dengan menu makanan sehat untuk ibu hamil yang mempunyai penyakit tertentu? Dalam hal itu, sebaiknya langsung tanyakan dan konsultasikan dengan dokter.

Jul 27, 2016 - Posted by alvindwiputra - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *